Memilih Perusahaan Pembiayaan Kredit Mobil Yang Tepat

Memilih Perusahaan Pembiayaan Kredit Mobil Yang Tepat

Pembelian mobil dengan cara kredit juga meringankan mereka yang membutuhkannya pada segmen bisnis atau komersial. Sehingga ia mendapatkan peluang untuk menikmati segala manfaat yang didapatkan dari mobil tersebut untuk mejalankan dan bahkan memperbesar usahanya dengan cara yang lebih terjangkau.

Tujuan lainnya adalah agar tidak hanya segelintir orang mampu yang dapat menikmati kepemilikan dari kendaraan beroda empat ini, tetapi juga membuka kesempatan bagi orang lain yang memiliki dana terbatas untuk dapat mengangsurnya secara bertahap dengan jangka waktu tertentu yang bisa disesuaikan dengan pendapatannya.



Hal pertama, membeli mobil adalah sebuah keputusan besar. Sama halnya adalah bagaimana membelinya. Apabila bisa membayar tunai, maka tidak ada masalah. Namun bagi kebanyakan dari kita, mengambil pinjaman adalah satu-satunya pilihan. Akan tetapi, terdapat banyak sekali perusahaan pembiayaan yang memberikan tawaran yang sama menariknya, yang pada akhirnya tergantung pada Anda untuk memilih. 
Memilih perusahaan yang tepat untuk membiayai kredit mobil bisa sama membingungkannya dengan memilih mobil yang akan dibeli dan bagaimana membayarnya

Untuk mulai memilah, berikut ini adalah variabel-variabel agar pilihan Anda tepat.

Pilih Mobil yang sesuai dengan Kebutuhan
Jangan terjebak dengan gaya hidup. Banyak orang yang memilih mobil bukan dari segi manfaat atau kebutuhannya akan mobil tersebut, namun lebih karena sekedar gengsi. Hal ini dapat membuat mobil pilihan Anda justru kehilangan manfaat dan membebani hidup Anda.

Berbagai macam mobil dibuat memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Pertimbangkanlah dengan matang kebutuhan Anda akan mobil tersebut dari berbagai aspek, seperti aktivitas yang Anda lakukan, kondisi medan yang dilalui, jumlah orang yang diangkut, dan lain sebagainya.

Cari Harga Mobil yang Paling Ideal
Jika Anda telah memutuskan jenis mobil yang inginkan (butuhkan), lakukan survey terhadap harga mobil tersebut hingga Anda memperoleh penawaran paling ideal.

Anda bisa dapatkan informasi harga dengan mengunjungi beberapa dealer yang menyediakan mobil pilihan Anda secara langsung. Atau Anda juga bisa melakukan survey melalui internet dengan mengunjungi beberapa situs yang memberikan informasi penting terkait harga mobil pilihan Anda.

Perhitungkan Uang Muka dan Besarnya Angsuran

Sebelum akad kredit Anda harus menentukan terlebih dahulu berapa besarnya uang muka yang sanggup Anda bayar. Bagi leasing atau bank, uang muka menunjukkan keseriusan Anda mengambil kredit. Artinya jika Anda serius menyerahkan uang muka, Anda juga dinilai serius menyanggupi cicilan tiap bulannya.

Besarnya kesanggupan Anda untuk mengangsur tiap bulan dapat dihitung berdasarkan debt ratio Anda . Disarankan agar debt ratio Anda jangan melampaui 30 persen. Maka dari pendapatan bersih per bulan, maksimal 30 persen-nya dapat Anda sisihkan untuk digunakan sebagai angsuran kredit mobil tersebut.

Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan fasilitas Credit Simulation yang tesedia untuk memperhitungkan pembiayaan kredit mobil pilihan Anda.

Suku bunga tetap atau mengambang?

Bunga pada dasarnya mendefinisikan kredit. Kami yakin Anda akan setuju bahwa semakin ringan bunga pinjaman, hidup terasa lebih mudah. Tapi apa saja pilihan-pilihan yang tersedia menyangkut bunga pinjaman itu sendiri. Sebagai awal, kebanyakan perusahaan pembiayaan di Indonesia, baik itu lembaga intermediasi seperti bank, atau perusahaan pembiayaan murni, menawarkan suku bunga tetap dalam pembiayaan pembelian mobil. Tapi ada juga yang namanya suku bunga mengambang.

Contoh umum kredit mobil ber-suku bunga tetap misalnya 8,50% per tahun selama masa kredit 4 tahun. Ini berarti debitur harus membayar bunga sebesar 8,50% per tahun atas pokok pinjaman setelah dikurangi uang muka.
Suku bunga mengambang? Seperti namanya, suku bunga tersebut mengambang, utamanya relatif terhadap perubahan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) yang ditentukan oleh Bank Indonesia. Bank-bank umum dan perusahaan-perusahaan pembiayaan kemudian akan menyesuaikan suku bunga mereka sendiri untuk menjaga profit margin tertentu, atau dalam istilah keuangan, spread-nya. Alhasil, suku bunga dari kredit mobil jenis ini dapat berfluktuasi. Sedikit ketidakpastian yang bisa menguntungkan, tapi juga bisa merugikan.

Balloon installments/payments

Ada juga yang namanya balloon installments/payments. Cukup baru di Indonesia, tapi sudah mulai ditawarkan. Salah satu perusahaan pembiayaan terkemuka yang mengadakan kredit mobil jenis ini adalah BCA Finance. Balloon installments dapat dijelaskan sebagai skema kredit dimana sang debitur akan membayar cicilan yang sebagian besar tediri dari pokok pinjaman pada akhir-akhir masa kredit. Cicilan pada masa-masa awal kredit itu sendiri sebagian besar akan terdiri dari bunga dengan hanya sejumlah kecil yang merupakan bagian dari pokok pinjaman. Serta, cicilan yang harus dibayarkan pada periode-periode akhir masa kredit biasanya akan lebih besar. Oleh karena itu, skema kredit semacam ini akan lebih menguntungkan mereka yang sumber pendapatannya tidak tetap atau musiman. 

Proses Kredit

Perusahaan pembiayaan yang baik akan berusaha melindungi hak-hak calon debiturnya sama baiknya dengan usaha yang dicurahkan untuk melindungi dirinya dari kerugian atau potensinya. Ciri-ciri kentara soal ini adalah prosedur yang logis, keterbukaan dalam menjawab pertanyaan, dan kesesuaian antara apa yang disebut dalam promosi/iklan dan apa yang terungkap pada proses tanya-jawab lebih dalam. Jadi, pastikan Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis.

Menariknya, semakin sebuah perusahaan teliti dalam menyaring calon debiturnya, biasanya semakin baik hak-hak mereka akan dilindungi dalam perjanjian kredit. Jangan menjadi ragu hanya karena proses yang dilalui sepertinya panjang atau persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi banyak. Juga, tetap ingat untuk membaca semuanya dengan baik dan pahami apa yang disebutkan kepada Anda. Bertanyalah apabila ada yang tidak jelas.

Asuransi kendaraan

Pada saat Anda mengambil kredit mobil, lazimnya juga akan mengenal asuransi yang menyertainya. Untuk hal ini, ada 2 jenis asuransi kendaraan yang umumnya ditawarkan, All Risk dan Total Loss Only (TLO). Yang terakhir hanya melindungi kehilangan kendaraan terkait curanmor dengan masa perlindungan sampai dengan 12 tahun. Sementara untuk All Risk, cakupannya lebih luas lagi. Kendaraan juga akan dilindungi dari resiko kecelakaan, huru-hara dan bencana alam.

Masing-masing jenis suku bunga memberikan manfaat tertentu kepada konsumen. Jadi, tergantung pada setiap individu konsumen untuk memilih satu yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi mereka. Namun sebagai pedoman umum, apabila pendapatan Anda teratur dan tetap, kredit mobil ber-suku bunga tetap adalah pilihan yang lebih baik. Suku bunga mengambang adalah juga sebuah pilihan. Tapi harap mempertimbangkan bahwa suku bunga bisa turun, tapi bisa juga naik, dan konsumen bisa saja jadi harus membayar lebih banyak.

Apabila pendapatan Anda musiman, baik dalam waktu atau jumlah, balloon installments memberikan keleluasaan lebih bagi Anda dalam mengelola pembayaran. Kesimpulannya, memang masuk akal untuk mengambil kredit mobil dengan bunga terendah. Akan tetapi, reputasi perusahaan dan proses pengajuan, persetujuan serta tahap-tahap berikutnya yang harus dilalui juga harus dipertimbangkan.